Selasa, 28 Februari 2017

PBO Latihan Konsep Object (tugas 1)

Konsep Object


1. Class

Class merupakan suatu “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain, Class itu bisa dikatakan sebagai kategori, Class juga bisa diilustrasikan atau diumpamakan dengan makhluk hidup. Singkatnya class adalah template untuk penciptaan objek-objek
Contoh : Class person, vehicle, fruit, animal dll. Misalkan hewan mamalia yaitu kucing. Didalam ilmu biologi, kucing tergolong dalam class hewan pemakan daging atau karnivora dan tentunya mempunyai bentuk atau konsep.


2. Object

Objek merupakan sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek lainnya. Contoh: dari class vehicle kita bisa membuat object motor, mobil.


3. Property

Properties adalah atribbut-atribut yang melekat pada sebuah object yang biasanya merupakan karakteristik penampilannya seperti warna, jenis huruf, ukuran dan sebagainya. Properti sebuah objek dapat diubah saat memprogram atau pada saat program dijalankan. Contoh: property dari televisi yakni merk, tipe, ukuran layar, dll.


4. State

State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah obyek. Contoh object motor memiliki atribut (state) : sadel, roda, jeruji, warna, stang.


5. Method

Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain. Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi class laptop kita. Contoh method adalah : menghidupkan tv, mematikan tv, dll.


6. Behavior

Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar